Purnasiswa Angkatan ke 22, 4 Siswa SMAN 1 Sumbawa Dapat Beasiswa Luar Negeri 

SUMBAWA – SMA Negeri 1 Sumbawa menggelar purnasiswa kelas XII angkatan ke 22, Senin (9/5). Kegiatan yang berlangsung di halaman depan sekolah tersebut dihadiri 307 siswa lulusan Tahun Pelajaran 2021/2022, guru dan staf sekolah.

Hadir juga Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos, Kepala KCD Dikbud Sumbawa, Nasrullah Darwis, M.Pd, Ketua PGRI Kabupaten Sumbawa, H. A Yani, MT, bersama komite sekolah.

Kepala SMAN 1 Sumbawa, Drs. H. Muhammad Tahir, S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa siswa SMAN 1 Sumbawa tahun ini dinyatakan lulus 100 persen dengan capaian nilai memuaskan.

”Pada tanggal 5 Mei telah diumumkan kelulusan. Sebanyak 307 siswa kelas XII semua lulus 100 persen,” katanya.

Tak terasa, waktu tiga tahun berlalu. Kini para siswa resmi dilepas dan dikembalikan ke orang tuanya masing-masing. Mereka diharapkan menjadi sosok pribadi yang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak dalam menentukan masa depan.

”Pesan saya, lanjutkan pendidikan. Kalian adalah calon generasi penerus. Semoga nanti empat tahun kemudian menyandang gelar S1. Kemudian bergelar S2 bahkan menyandang gelar doktor, dan datang kembali ke SMAN 1 dengan nama baik,” harapnya.

Selaku kepala sekolah, Haji Tahir, tak lupa mengungkapkan terimakasih atas dukungan semua pihak. Mulai dari para guru, orang tua, komite sekolah hingga pemerintah daerah. Berkat kerjasama yang baik antar semua pihak, SMAN 1 Sumbawa sukses berprestasi baik prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Baca Juga:  Kawal Pekerjaan DAK Fisik SMP, Dinas Dikbud Gandeng Kejaksaan

Prestasi akademik SMAN 1 dalam 8 bulan terakhir (Agustus 2021-April 2022) cukup banyak. Di tingkat kabupaten mencapai 10 prestasi, provinsi 2, nasional 6 dan internasional 3 prestasi. Jumlah tersebut cenderung meningkat bila dibandingkan dengan perolehan delapan bulan sebelumnya.

”Pada periode Januari 2021-Juli 2021, prestasi akademik tingkat kabupaten hanya 9, provinsi tidak ada, nasional hanya 1 dan prestasi internasional 1,” bebernya.

Sama halnya dengan prestasi non akademik. Pada periode Agustus 2021-April 2022, prestasi tingkat kabupaten tercatat 41, tingkat provinsi 22, nasional 10, tingkat internasional O. Sedangkan pada periode Januari-Juli 2022, tingkat kabupaten hanya 4. Tingkat provinsi, nasional maupun internasional 0.

Selain itu, SMAN 1 Sumbawa juga menjadi salah satu SMA dengan jumlah murid terbanyak diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPMPTN) tahun 2022 dengan total 60 siswa. Mereka tersebar di sejumlah perguruan tinggi favorit di Indonesia seperti UI dan UGM.

”Tahun 2020 yang diterima melalui jalur SNMPTN hanya 23 orang terdiri dari MIPA 12 orang, IPS 11 orang. Tahun 2021 hanya 11, MIPA 8 orang IPA 3 orang. Tahun 2022 paling banyak, 60 orang MIPA 34 IPS 26,” sebutnya.

Tak hanya itu, empat murid SMAN 1 Sumbawa juga berhasil mendapatkan beasiswa luar negeri dengan pilihan universitas di tiga benua. Masing-masing satu orang di Nanyang Technological University, Melbourne University, Curtin University dan satu lainnya di salah satu Universitas di Inggris.

Baca Juga:  Sekolah Penggerak di Sumbawa Gelar Pameran Kontemporer dan Unjuk Kerja P5 

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos, mengucapkan selamat kepada para siswa.

Dia berharap pendidikan siswa tidak terhenti sampai di sini. Melainkan dapat dilanjutkan hingg ke jenjang yang lebih tinggi. Agar ke depan mereka menjadi generasi penerus yang dapat diandalkan serta berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

”Kami harapkan (purnasiswa) menjadi pintu awal untuk bisa survive di alam yang lebih luas sebagai makhluk sosial,” kata Ketua Ikatan Alumni SMAN 1 Sumbawa ini.

”Dalam kehidupan sosial, anak-anak akan berhadapan dengan beragam karakter masyarakat. Tapi dengan bekal pendidikan dan akhlaq yang baik akan memberikan hasil yang baik,” ucapnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *