Cara Yamin Abe Alihkan Nelayan Pengebom Jadi Nelayan Bagang

SUMBAWA – Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Muhammad Yamin, S.E, M.Si, menggelar reses hari ketiganya di Dusun Prajak, Desa Batu Bangka, Kecamatan Moyo Hilir, Sabtu (12/3) siang.

Di sana, Ketua DPC Hanura Kabupaten Sumbawa itu menyerap dan menampung aspirasi para nelayan.

Prajak bukanlah wilayah baru yang dimasuki Yamin. Telah banyak bantuan yang digelontorkan selama ia menjabat sebagai anggota DPRD Sumbawa. Mulai dari bagang, jaring, waring hingga bantuan sosial kemasyarakatan lainnya.

Kini, usaha para nelayan semakin berkembang. Mereka telah membentuk kelompok yang diberi nama “Bunga Karang”. Kelompok tersebut bahkan telah membangun Resto Jaring Apung yang menyediakan berbagai menu ikan segar.

Di Resto Jaring Apung itulah reses politisi yang akrab disapa Yamin Abe ini digelar. Reses tersebut diikuti oleh anggota kelompok, para pemuda hingga ibu-ibu nelayan.

Ketua Kelompok Nelayan Bunga Karang, Faturrahman mengatakan, Yamin Abe sangat konsisten membantu kelompoknya. Tak heran jika hubungan emosional Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Sumbawa itu dengan masyarakat Prajak semakin kuat.

Baca Juga:  Fachry Siap Berjuang Demi Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Pekat

Melihat kiprah Yamin Abe membantu nelayan, membuat beberapa kelompok lainnya ikut bergabung. “Tanpa kita minta, Pak Yamin sudah tau apa yang kami mau. Beliau sangat peka terhadap kebutuhan nelayan terutama kelompok kami,” kata Fatur.

Sementara Ketua Pokdarwis Prajak, Aswardani mengatakan bahwa desanya kini telah mulai berkembang menjadi daerah pariwisata. Hal ini berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi baru yang dapat mengangkat perekonomian masyarakat setempat.

Namun ada sedikit kesulitan yang dirasakan pihaknya selaku kelompok sadar wisata. Terutama dalam hal melayani tamu yang ingin ke Resto Apung, serta melihat dari dekat Pulau Dangar yang dikenal sangat eksotik.

Kesulitan ini dapat teratasi dengan adanya sarana trasportasi berupa perahu atau kapal untuk antar jemput tamu atau wisatawan. “Kami mohon dapat dibantu pengadaan perahu atau kapal,” pintanya.

Baca Juga:  DPD PDI Perjuangan Calonkan Rafiq di Pilkada Sumbawa 2024

Permintaan juga disampaikan nelayan lainnya. Mereka meminta bantuan mesin perahu untuk memobolisasi aktivitas mereka di laut. Kemudian cool box, sebagai wadah untuk menyimpan hasil tangkapan.

Terhadap permintaan itu, Yamin Abe siap memberikan bantuan kapal dan mesin perahu. Demikian dengan cool box, sebagaimana yang kerap dibantu setiap tahunnya.

”Inilah manfaat dari silaturahim. Untuk mengatasi setiap permasalahan syarat hanya satu, bangun hubungan secara ikhlas. Dengan keikhlasan akan mendapat berkah dari Allah. Jadi, bantuan yang kami berikan untuk nelayan ini semata-mata karena silaturrahim,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *