51 Siswa SMAN 1 Sumbawa Lulus SNMPTN Tahun 2022 

SUMBAWA – Sebanyak 51 siswa SMAN 1 Sumbawa, lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun Pelajaran 2022. Mereka diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia. Termasuk di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM).

SNMPTN adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi melalui nilai rapor dan prestasi non akademik. Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor dari semester satu sampai semester lima. Sementara prestasi non akademik lain menjadi nilai plus bagi siswa.

Dari total siswa SMAN 1 Sumbawa yang lolos SNMPTN, 3 di antaranya diterima di UI, 3 di UGM, 1 di Universitas Sebelas Maret, 1 di Universitas Brawijaya, dan 1 di Universitas Negeri Malang.

Kemudian 2 di Universitas Negeri Yogyakarta, 2 di Universitas Hasanuddin, 1 di UIN Alauddin, 1 di Universitas Jember, 1 di Universitas Negeri Jakarta, 1 di Universitas Negeri Surabaya, 1 Universitas Andalas, 1 di Politeknik Negeri Bali dan 1 orang Universitas Pendidikan Ganhesa.

Sedangkan sisanya berhasil diterima di Universitas Mataram (UNRAM). Jumlah siswa yang diterima ini kemungkinan saja bertambah. Sebab ada sebagian diantara siswa yang mendaftar, namun belum membuka email pribadi mereka. Untuk diketahui, pengumuman hasil SNMPTN dikirim langsung oleh panitia ke email masing-masing para siswa.

Baca Juga:  Target ke Nasional, SMK 1 Sumbawa Siapkan 8 Siswa Terbaik di LKS NTB

“Alhamdulillah, untuk sementara ini ada 51 anak-anak kita yang lulus SNMPTN tahun 2022. Ada yang diterima di UI maupun UGM. Tapi yang paling itu di UNRAM, 30 orang,” kata Kepala SMAN 1 Sumbawa, Drs. H. Muhammad Tahir, M.Pd, yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/3).

Jumlah siswa SMAN 1 Sumbawa yang lulus SNMPTN tahun ini meningkat signifikan. Tahun 2021 lalu yang diterima hanya 12 orang dari 102 pendaftar. Menurutnya, peningkatan ini tak lepas dari usaha dan kerja keras pihak sekolah dalam melakukan pembinaan.

Selanjutnya, siswa SMAN 1 Sumbawa akan kembali disiapkan untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). UTBK-SBMPTN adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui sistem tes atau ujian tulis.

Dilansir dari laman resmi LTMPT, jadwal UTBK-SBMPTN yakni registrasi akun LTMPT 14 Februari – 17 Maret 2022. Pendaftaran UTBK-SBMPTN 23 Maret – 15 April 2022.

Baca Juga:  Kepala Sekolah Diingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter

Kemudian pelaksanaan UTBK-SBMPTN Gelombang I pada 17 – 23 Mei 2022. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Gelombang II pada 28 Mei – 3 Juni 2022. Pengumuman hasil SBMPTN 23 Juni 2022 dan masa unduh sertifikat UTBK-SBMPTN 25 Juni – 31 Juli 2022 mendatang.

Haji Tahir menyebut siswa yang akan ikut UTBK-SBMPTN sebanyak 250 orang. Sebelum ikut seleksi, mereka akan diberikan pembinaan oleh guru Mapel, bisa juga pembinaan secara mandiri. ”Semoga bisa meraih hasil yang maksimal,” harapnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *