Mudahkan Pelayanan, Pemkec Moyo Hilir Luncurkan SALAM GERA

SUMBAWA – Pemerintah Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa, akan meluncurkan SALAM GERA. Sebuah program untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan, Samsat, pajak hingga dokumen perizinan.

SALAM GERA merupakan kepanjangan dari Sapa Malam Gemilang yang Berkeadaban. Sesuai namanya, layanan ini akan buka malam hari secara serentak di 10 desa di kecamatan tersebut.

iklan pemda

”Dalam sebulan hanya dilaksanakan sekali saja,” ungkap Camat Moyo Hilir Deden Fitriyadi, S.STP, M.Si, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (01/02/2022).

Deden menyebutkan jika SALAM GERA ini merupakan implementasi visi misi dan program bupati dan wakil bupati Sumbawa periode 2021-2026. Selain itu, juga sebagai inovasi 10 program Pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan (PATEN).

Untuk memdukung pelaksanaan program, mantan Kabid Pemerintahan Desa ini mengaku telah berkoordinasi dengan OPD terkait. Mulai dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), UPTD Samsat, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) hingga Dinas Penanaman Modal dan Pelanayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Baca Juga:  Bupati Serahkan Bantuan Truk dan Motor Roda Tiga Untuk Kelompok Tani   

”Dukcapil terkait dokumen online KTP, KK, Akta kematian, akta kelahiran dikecualikan perekaman dari awal. UPTD Samsat pelayanan Samsat keliling dengan opgabnya di dua lokasi. Bapenda dengan layanan pajak dan retribusi. DPMPTSP dengan layanan perizinan OSS yang akan dibantu sosialisasi nanti di kecamatan,” terangnya.

SALAM GERA rupanya mendapatkan respon positif dari bupati dan wakil bupati Sumbawa. Keduanya bahkan siap hadir dalam acara launching yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

”Sekarang tahapan akhir yaitu finalisasi bersama OPD terkait dan akan difasilitasi oleh sekretariat daerah selaku OPD yang bertugas untuk memfasilitasi antar OPD untuk kegiatan seperti ini,” ucapnya.

Baca Juga:  173 Pelaku UMK Ajukan Sertifikat Halal

”Hasil komunikasi dengan pak asisten atas surat yang telah kami sampaikan terkait fasilitasi, telah diturunkan ke bagian pemerintahan. Sehingga tinggal menunggu arahan selanjutnya setelah itu baru kegiatan launching SALAM GERA bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (PS)

iklan pemda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *