Sederet Prestasi Desa jadi Kado HUT Kabupaten Sumbawa ke-63 

SUMBAWA – Berbagai prestasi berhasil diraih sejumlah desa di Kabupaten Sumbawa, atas capaian kinerjanya. Dimulai dari ditetapkannya 10 desa sebagai desa cerdas oleh Kementerian Desa.

Ada juga 24 desa yang mendapatkan alokasi kinerja karena berkinerja baik dengan laporan keuangan yang sesuai dengan yang diharapkan oleh Kementerian Keuangan.

Berikutnya, ada 10 desa yang ditunjuk sebagai desa inklusi oleh Kementerian Desa. Kemudian Desa Jorok, Kecamatan Unter Iwis, berhasil keluar sebagai juara Kampung Sehat Tahun 2021 Tingkat Provinsi NTB.

Sederet prestasi tersebut menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Rachman  Ansori, patut menjadi kado  untuk memeriahkan HUT ke 63 Kabupaten Sumbawa, tanggal 22 Januari mendatang.

“Menjelang hari jadi Kabupaten Sumbawa tahun ini, desa-desa di Kabupaten Sumbawa sudah menunjukkan geliatnya. Sesuai arahan Pak Bupati, kita semuanya harus menunjukkan Sumbawa Gemilang Berkeadaban,” kata Ansori, Senin (17/01/2022).

Baca Juga:  Sekda Minta Camat Pastikan Masyarakat Miliki KTP dan KK 

Tidak hanya itu kata Ansori, sederet prestasi lain juga diraih oleh desa lainnya. Seperti Desa Labuhan Sangur, yang ditetapkan sebagai desa pesisir untuk lingkungan hidup. Kemudian ada Desa Songkar yang sukses menjadi juara 3 Posyandu Tingkat Provinsi.

Tak sampai di situ, Tim Pokja MPL saat ini sedang mempersiapkan untuk mewujudkan kabupaten ODF atau bebas BAB. Salah satu pilar dari STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

“Semoga bisa kita raih dan bisa dideklarasikan pada 22 Januari. Ini pun tidak lepas dari peran serta seluruh pemerintah desa dan masyarakat desa untuk mewujudkan desa Open Defecetion Free (ODF) atau Stop  Buang Air Besar (BAB) Sembarangan. Rencananya dalam waktu dekat tim provinsi akan melakukan verifikasi di Sumbawa,” ujarnya.

Baca Juga:  DPK NTB Serahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Sekolah dan PT di Sumbawa 

Yang terbaru lanjutnya, belum lama ini Bupati Sumbawa baru saja meresmikan Kantor Desa Tatebal Kecamatan Lenangguar. “Itu salah satu kinerja desa dari Dana Desa 2021. Sebetulnya masih banyak yang belum diresmikan, tetapi secara simbolis Pak Bupati kemarin sudah meresmikan salah satunya,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *