Seleksi P3K, NIP 141 Tenaga Kesehatan Diusulkan, Tenaga Guru dan Tehnis Masih Tunggu Pengumuman Resmi 

SUMBAWA – Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) terus berlanjut. Di Kabupaten Sumbawa, ada tiga kelompok jabatan yang sudah dan akan diseleksi. Yakni formasi guru, tenaga kesehatan serta tenaga tehnis. Ketiga kelompok jabatan ini merupakan jatah formasi tahun 2022. Dari ketiga jenis jabatan ini satu formasi yakni tenaga tehnis, seleksi kompetensinya baru dilaksanakan di tahun 2023 ini.

“Kalau formasi guru sama tenaga kesehatannya, seleksinya sudah selesai. Seleksinya akhir tahun 2022 kemarin,” ungkap Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian ASN Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumbawa, Serahlihuddin, S.IP, M.Acc, saat ditemui, Kamis (26/1).

Untuk tenaga kesehatan sebut Sir, sapaan akrabnya, seleksi kompetensinya diikuti sebanyak 853 peserta. Dari jumlah tersebut, hanya 141 peserta yang dinyatakan lulus. Sementara sisanya 712 peserta otomatis gugur. “Yang lulus 141 orang ini proses NIP nya sudah kita usulkan ke BKN. Proses pengusulan (NIP) dimulai dari Januari sampai Februari 2023,” ujarnya.

Baca Juga:  Satpol PP Sumbawa Tertibkan Penghuni Kos dan Pedagang Miras

Lalu bagaimana dengan tenaga guru ? Khusus formasi yang satu ini lanjut Sir, mereka tidak diseleksi atau tidak ikut tes layaknya peserta untuk jabatan tenaga kesehatan.

Para tenaga guru ini hanya diwajibkan mengikuti kegiatan observasi (penilaian kesesuaian). Ada tiga unsur yang melakukan observasi langsung. Kepala sekolah, guru senior dan pengawas.

Kegiatan observasi sendiri dilaksanakan tanggal 27 dan 28 November tahun 2022 lalu. Ada sebanyak 981 tenaga guru yang diobservasi. “Insya Allah, berdasarkan jadwal dari pusat, hasil akhir kelulusan dan penempatan untuk formasi tenaga guru ini diumumkan tanggal 2 dan 3 Februrai 2023 mendatang,” terang Sir.

Terakhir untuk tenaga tehnis yang seleksinya baru dilaksanakan tahun 2023 ini. Formasi yang disiapkan sebanyak 139 dan sudah menyelesaikan seleksi administrasi. “Pelamar untuk formasi tenaga tehnis ini 1180. Seleksi administrasinya sudah selesai. Siapa-siapa saja pelamar yang memenuhi syarat dan berhak ikut tes, hasilnya diumumkan tanggal 27 dan 28 Januari besok,” kata Sir.

Sesuai jadwal dari pusat, seleksi kompetensi bagi formasi tenaga tehnis ini dilaksanakan dari tanggal 3 Maret hingga 3 April 2023 mendatang. “Untuk Sumbawa pelaksanaan tesnya kita upayakan 5 hari atau nanti kita sesuaikan dengan jumlah peserta yang memenuhi syarat. Lokasi tesnya tetap di SMK 3 Sumbawa,” ucap Sir.

Baca Juga:  Parkir Elektronik Pasar Seketeng, Upaya Pemda Sumbawa Optimalkan PAD 

Kepada pelamar yang memasukkan berkas Sir, berpesan untuk sering-sering membuka link dan akun pribadi, sebab semua informasi tentang formasi tenaga tehnis ini tersaji lengkap di situ. “Bagi pelamar yang dinyatakan lulus administrasi silakan cetak kartu peserta seleksinya secara mandiri. Penandatanganan dan pengesahan kartu oleh panitia dilakulan dilokasi seleksi sesusia jadwal dengan membawa identitas diri (KTP),” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *