Selamat, SMAN 1 Sumbawa Raih 4 Penghargaan AiSO 2022

SUMBAWA – Empat kategori penghargaan sekaligus berhasil disabet SMA Negeri 1 Sumbawa, pada malam Anugerah Istimewa Sekolah (AiSO) tahun 2022.

Pertama, dalam kategori Sekolah Progresif Pelaksana program 4P (Profil, Pelayanan, Prestasi dan Penampilan). Kedua, kategori Pemajuan Kebudayaan Terkreatif.

Ketiga, kategori Sekolah Ramah Teknologi Informasi (TIK) dan yang terakhir dalam kategori Sekolah Gemilang Prestasi Terkualitas.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Mendikbud Ristek pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 yang digelar di SMAN 1 Woha, Kabupaten Bima, Jumat (17/6) malam. Kegiatan ini juga dihadiri 150 Kepala SMA, 99 Kepala SMK dan 14 Kepala SLB.

”Alhamdulillah, sekolah kami dapat empat kategori penghargaan sekaligus. Yang paling bergengsi itu, kategori Sekolah Gemilang Prestasi Terkualitas. Di NTB, hanya SMAN 1 Sumbawa, yang dapat,” ungkap Kepala SMAN 1 Sumbawa, Drs. H. Muhammad Tahir, M.Pd, saat ditemui di sekolahnya, Sabtu (18/6).

Baca Juga:  Dosen PIP Makasar Motifasi Siswa SMKN 1 Alas Berkiprah di Dunia Kemaritiman

 

AiSO sendiri merupakan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB. Penganugerahan ini diserahkan pada puncak perayaan Hardiknas, sebagai bentuk motivasi kepada sekolah-sekolah berprestasi di NTB.

Untuk diketahui, malam AiSO tahun ini diundur lantaran Hardiknas yang jatuh pada 2 Mei 2022 lalu bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Penghargaan ini tentu saja membawa kebanggaan tersendiri bagi Haji Tahir, sebagai kepala sekolah. Ini membuktikan jika sekolahnya tidak kalah dengan sekolah lainnya di NTB.

Di Kabupaten Sumbawa sendiri, AiSO hanya diraih lima sekolah. Selain SMAN 1 Sumbawa, ada juga SMAN 4 Sumbawa, SMA IT Samawa Cendekia, SMKN 1 Sumbawa dan SLBN 1 Sumbawa.

”Penilaiannya setiap tahun. Tahun ini sekolah kami yang paling banyak dapat trophy. Ada empat tropi, karena prestasi kami juga banyak. Baik prestasi tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional,” katanya.

”Prestasi-prestasi itu kita tetap publish agar masyarakat dan orang tua. Selain itu kita juga konsisten mendukung dan memajukan budaya, terutama budaya lokal,” lanjutnya.

Baca Juga:  Kepala SMAN 1 Sumbawa dan SMAN 3 Sumbawa Bertukar Posisi

Mantan Kepala SMAN 4 Sumbawa ini, tak lupa menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan pendidikan di sekolahnya. Mulai dari para murid itu sendiri, para guru, pembina, komite sekolah, orang tua hingga pemerintah daerah.

Tanpa kerjasama yang baik antar semua pihak, kata dia, penghargaan tersebut akan sulit diraih. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *