Pentingnya Penerapan Kode Etik Guru Dalam Proses Pembelajaran 

Oleh : Hasna Wardani & Mutiara 

Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 

Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Mataram 

Seperti yang diketahui, kode etik guru sangatlah penting didalam pelaksanaaan pembelajaran dimana guru harus bisa mempelajari, memahami dan melaksanakan tugasnya sesuai kode etik guru yang telah ditetapkan.

Namun masih banyak hal yang terjadi di luar dari kode etik yang telah ditetapkan/pelanggaran yang baik secara langsung/tidak langsung dan secara sadar/tidak sadar dilakukan oleh guru di dalam menjalankan tugasnya selama proses pembelajaran.

Dalam beberapa kejadian yang tengah hangat diperbincangkan saat ini, tak sedikit guru melanggar kode etik guru dan menjadi contoh yang tidak baik bagi muridnya dikarenakan belum memahami betul isi dan pentingnya kode etik guru.

Penerapan kode etik guru merupakan hal yang penting di dalam proses pembelajaran karena kode etik dapat membantu guru dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik.

Baca Juga:  Bahaya Narkoba Bagi Para Pelajar dan Remaja 

Kode etik guru adalah sebuah aturan atau sikap yang harus dipenuhi oleh seorang guru dalam menjalankan profesinya sebagai seorang guru agar mencapai tingkat keprofesionalisme guru dan menempatkan guru sebagai profesi yang mulia serta dilindungi oleh undang-undang.

Di dalam pembelajaran, guru harus mampu menerapkan apa yang telah dipelajarinya terlebih dahulu kepada muridnya dengan tetap memperhatikan kode etik guru yang ada. Tidak hanya di dalam proses pembelajaran namun kode etik juga berlaku dan harus diterapkan diluar proses pembelajaran dan harus ada kesadaran dari seorang guru untuk menjaga aturan kode etik agar tidak melanggar kode etik guru yang telah ada.

Pentingnya penerapan kode etik guru dalam proses pembelajaran menjadi salah satu kunci keberhasilan guru sebagai seorang pendidik dan menjaga nama baik profesi guru. Keberhasilan guru tersebut dalam menerapkan kode etik guru di proses pembelajaran dapat meningkatkan semangat belajar anak-anak dan menjadi contoh juga untuk guru-guru yang belum sepenuhnya menaati atau menjalani serta memahami isi dari kode etik tersebut.

Baca Juga:  Pentingnya Mengenal Dunia Kewirausahaan Diusia Muda 

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi calon guru untuk memahami kode etik sebelum menjalankan tugasnya sebagai seorang guru agar dapat mendidik dengan baik para muridnya dan menjadi seorang guru yang profesional, berkompeten dan bermartabat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *