Ingin Belajar Tentang Pariwisata, SMK Wikrama Bogor Kunjungi SMKN 1 Sumbawa   

SUMBAWA – SMK Negeri 1 Sumbawa, menerima kunjungan dari perwakilan SMK Wikrama Bogor, Kamis (25/11/2021). Kunjungan itu dalam rangka kemitraan kedua sekolah.

Perwakilan SMK Wikrama Bogor, Anis Arifin menjelaskan, kunjungannya ke SMKN 1 Sumbawa ini untuk membangun kerjasama dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas masing-masing sekolah.

”Agenda saya ke Sumbawa ini dalam rangka menjalin kolaborasi SMK-SMK di Indonesia, salah satunya di NTB. Kegiatan kami kemarin sudah ada di SMK 1 Alas, SMK Negeri 1 tarano, dan ini dengan SMK Negeri 1 Sumbawa, besok dengan SMK Negeri 2 Sumbawa, tujuannya adalah untuk membangun kolaborasi bersama,” kata Anis Arifin.

Kolaborasi antar sekolah dinilainya sangat penting. Kedua sekolah dapat berbagi mengingat kedua sekolah sama-sama memiliki keunggulan. ”Kami juga sama-sama berbagi untuk peningkatan kapasitas mutu sekolah, tujuannya meningkatkan kapasitas mutu sekolah di kami di Bogor maupun di Sumbawa,” jelasnya.

Dalam kunjungan kali ini, SMK Wikrama Bogor memperkenalkan keunggulan yang dimiliki. Menurutnya, SMK Wikrama Bogor memiliki keunggulan dengan unit produksi yang dinamakan IDS Rumah Pendidikan Indonesia.

Baca Juga:  Meriah, Peringatan HGN 2021 dan HUT PGRI di SMKN 1 Sumbawa   

“Jenis produk industrinya adalah di bidang teknologi informasi, media pembelajaran, kemudian mendokumentasikan bahan ajar, pokoknya punya keterkaitan dengan peningkatan kapasitas kurikulum dengan teknologi informasi. Melingkupi bidang teknologi informasi,” paparnya.

SMK Wikrama Bogor juga berharap dapat memperoleh pengetahuan dari SMKN 1 Sumbawa, yang menurutnya terbaik di bidang pariwisata.

“SMK Wikrama datang ke sini dalam rangka belajar tentang sekolah pariwisatanya. Karena di sini, SMK Negeri 1 Sumbawa adalah sekolah terbaik di bidang pariwisata maka kami pun belajar ke sini di bidang pariwisata,” tandasnya.

Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sumbawa Bidang Humas, Maria Mistiani mengaku bersyukur dengan kunjungan SMK Wikrama Bogor. Kunjungan itu dinilai sangat berarti. Terlebih SMK Wikrama Bogor merupakan salah satu SMK go internasional.

“Kami sangat bersyukur karena beliau ini kan berasal dari SMK yang saat ini sudah go internasional. Otomatis ilmu yang Pak Anis berikan kepada kami semua sangat berarti untuk mengembangkan diri. Baik pengembangan diri dalam profesi kami sebagai guru juga untuk pengembangan diri anak-anak kami,” kata Maria.

Baca Juga:  Buka Lokakarya 7 PGP Angkatan II, Bupati : Ini Selaras Dengan Perbup No 33 Tahun 2021 

“Adanya kegiatan kolaborasi ini otomatis kami pun akan mengadopsi. Apa yang sudah dilakukan oleh SMK Wikrama itu sekiranya bisa kami adopsi untuk kami laksanakan disini,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *