Segudang Prestasi Nasional dan Provinsi Diraih Pemerintahan Mo—Novi Selama Tahun 2023 

SUMBAWA – Berbagai prestasi telah dicapai Kabupaten Sumbawa di masa pemerintahan Drs. H. Mahmud Abdullah dan Hj. Dewi Noviany S.Pd., M.Pd (Mo-Novi). Pada puncak Peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke-65 di Halaman Kantor Bupati, Senin (22/1), Bupati Sumbawa yang akrab disapa Haji Mo’ membeberkan pencapaian pemerintahannya. Menurutnya, selama 65 tahun, Kabupaten Sumbawa telah mengalami berbagai kemajuan di berbagai sektor. Dari pertumbuhan ekonomi yang membaik setelah melewati rangkaian cobaan yang menerpa, hingga peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta perbaikan pembangunan.

“Saya mengapresiasi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang terus menjaga semangat, bekerja dengan solid, mendukung kami untuk menyukseskan berbagai agenda pembangunan, sehingga berbagai prestasi gemilang dapat diraih Kabupaten Sumbawa,” ucapnya.

Disebutkan Bupati, selama tahun 2023, berbagai prestasi tingkat nasional maupun regional berhasil diraih Kabupaten Sumbawa. Di antaranya Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dari Kementerian Dalam Negeri RI, untuk urusan wajib maupun urusan pilihan dinyatakan telah memenuhi standar kinerja yang baik. Selanjutnya atas kinerja Kabupaten Sumbawa dalam pengendalian inflasi, penggunaan produk dalam negeri dan percepatan belanja daerah, Pemerintah Kabupaten Sumbawa menerima insentif fiskal tahun anggaran 2023 senilai Rp 11.447.687.000. Penghargaan BKN Award untuk Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian juga diraih Kabupaten Sumbawa. Kemudian dalam ikhtiar membangun ekosistem industri halal, untuk kedua kalinya sejak tahun 2022, Kabupaten Sumbawa memperoleh penghargaan Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2023 dari Menteri Perindustrian RI kategori Best Municipal/Regency Program. Penghargaan ini tentunya berkat konsistensi Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam merintis terbentuknya ekosistem halal, antara lain dengan memasifkan pelayanan sertifikat halal dan pembentukan Lembaga Pusat Halal (LPH).

Baca Juga:  BPBD Sumbawa Bersihkan Lokasi Pasca Banjir di Kecamatan Lunyuk

Dalam ikhtiar melestarikan dan memajukan kekayaan budaya, Kabupaten Sumbawa berhasil memperoleh Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Selanjutnya dalam ikhtiar mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Selain itu, Kabupaten Sumbawa juga meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia atas hasil penilaian terhadap data implementasi hak asasi manusia di kabupaten/kota seluruh Indonesia. Selain prestasi tingkat nasional, berbagai penghargaan tingkat Provinsi NTB juga diraih Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  Wabup Novy Tegaskan Tahun 2024 Semua Produk Wajib Sertifikasi Halal 

Antara lain, penghargaan pembangunan daerah (PPD) tingkat Provinsi NTB tahun 2023 sebagai kabupaten terbaik 1. penghargaan Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama dari Wakil Gubernur NTB, penghargaan predikat penilaian kepatuhan kualitas tinggi dengan kategori B atau Zona Hijau dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi NTB atas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023, dan juara 1 Lomba Posyandu Tingkat Provinsi NTB yang diraih oleh Posyandu Anggrek Putih Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa.

“Berbagai prestasi dan penghargaan yang diraih Kabupaten Sumbawa bergerak simultan dengan 10 program unggulan kami bersama Ibu Wakil Bupati Sumbawa, yang sudah terealisasi sejak tahun 2021 dan terus berproses hingga saat ini,” pungkasnya. (PS) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *