Covid-19 Kembali Merebak, 15 Orang Terkonfirmasi Positif   

SUMBAWA – Sebanyak 15 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6 menjalani rawat inap, 4 orang menjelani isolasi mandiri, dan 5 orang isolasi mandiri diluar Kabupaten Sumbawa.

“Dari laporan, yang terkonfirmasi positif ini ada yang sudah divaksin ada yang belum divaksin. Tapi kecenderungannya yang dirawat inap itu yang memiliki komorbid (penyakit penyerta) itu yang memperberat. Ada yang divaksin dan ada juga yang belum divaksin,” ungkap Kepala Bidang Pemberantasan, Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, H. Sarip Hidayat, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/11).

Pasien terkonfirmasi positif yang telah divaksin apalagi booster, mengalami gejala cenderung ringan. “Yang berat itu, yang tidak lengkap vaksinnya dan punya penyakit penyerta,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, awal November kemarin mulai terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi. Dan dalam sehari ada penambahn kasus baru sekitar 2-3 orang.

Baca Juga:  Tangani Kebakaran di Musuk, Bupati Sumbawa Minta Semua Pihak Berkolaborasi

“Dominan kasus-kasus baru yang kita temukan ini bukan pelaku perjalanan. Artinya ini sudah ada transmisi local,” ucap dia

Ia belum dapat memastikan, varian terpapar ke pasein terkonfirmasi. Sebab untuk memastikan, musti dilakukan uji laboratorium. Namun gejala yang ditumbulkan oleh varian baru – Omicro XDB, sama dengan gejala pada umumnya, seperti keluhan batuk-pilek dan demam.

Namun varian omicron XBD, memiliki tingkat penyebaran yang tinggi namun juga memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi. “Kita belum bisa menentukan apakah ini varian baru atau bukan. Cuman varian baru adalah omicron XDB, seperti release dari kementerian kesehatan. Untuk memastikan variannya, kita harus mengirim bukti sample ke laboratorium pusat. Tapi kita curiganya XDB,” kata dia.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Lantik 266 Tenaga Kependidikan 

Atas kasus terkonfirmasi, puskesmas telah melakukan tracing contact kepada minimal 15 orang dari masing-masing satu orang pasien terkonfirmasi. “Dan itu dilakukan oleh teman-teman puskesmas sampai dengan hari ini. Pasien terkonfirmasi ini berasal dari antara lain dari Kecamatan Rhee, Unter Iwes, Empang, dan Kecamatan Sumbawa,” pungkasnya. (PS) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *