LKS SMK-SLB NTB 2022, Kabupaten Sumbawa Raih Juara Umum I 

SUMBAWA – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK-SLB tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2022, berakhir sukses. Di lomba yang berlangsung dari tanggal 19 sampai 23 Juni itu, Kabupaten Sumbawa berhasil meraih juara umum I.

Dari 50 mata lomba, Kabupaten Sumbawa berhasil mengoleksi 48 kategori juara. Rinciannya, juara satu sebanyak 22 mata lomba, juara dua 13 mata lomba dan juara tiga 13 mata lomba.

Juara umum II diraih Kota Mataram dengan perolehan 25 juara. Juara satu 9 mata lomba, juara dua 10 mata lomba dan juara tiga 4 mata lomba.

Sementara juara umum III diraih Kabupaten Lombok Timur dengan perolehan 21 juara. Juara satu 11 mata lomba, juara dua dan tiga masing-masing 5 mata lomba.

Kegiatan ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB, DR. H. Aidy Furqan, S.Pd, M.Pd, di SMKN 1 Sumbawa, Kamis (23/6) malam.

Dalam sambutannya, Aidy Furqon mengucapkan selamat kepada para juara. Dia berharap kepada mereka untuk tidak merasa puas. Melainkan terus belajar guna menghadapi LKS tingkat nasional yang akan digelar sekitar Agustus 2022 mendatang.

Baca Juga:  Hari Ini PTM Terbatas Mulai Dilaksanakan

”Kepada para juara yang akan mewakili NTB, ini baru langkah pertama. Tidak boleh merasa sombong, harus menyiapkan diri, harus belajar lagi. Banggakanlah orang tua, sekolah, guru, dan tentu pada akhirnya banggakan Nusa Tenggara Barat di ajang (LKS) nasional 2022,” ujarnya.

Bagi yang belum berhasil juara, ia berharap untuk tidak patah semangat. Terus belajar guna menghadapi kompetisi di masa-masa mendatang. Juara, kata Aidy, bukanlah satu-satunya tujuan. Namun yang paling penting dari kegiatan ini adalah silaturrahim, mencari teman dan sahabat.

”Kalian telah menunjukkan bahwa kalian terbaik di sekolah dan terbaik di kabupaten kota masing-masing sehingga dapat berkompetisi di tingkat provinsi. Yang belum menang yang belum sukses, kalian masih punya waktu,” kata Aidy Furqon.

Di akhir sambutannya, Kadis Dikbud NTB, mengingatkan akan berbagai tantangan di era milenial seperti sekarang ini. Menurutnya, hal paling pokok yang harus dimiliki para pelajar adalah kemauan, motivasi dan keberanian.

”Keberanian untuk tampil beda. Ketika kita berbeda maka kita unggul. Ketika kita unggul maka kita beprestasi. Ketika kita berprestasi pasti jadi yang terdepan,” tandasnya.

Baca Juga:  Senin, Perbup No 33 Tahun 2021 Tentang Pendidikan Karakter Diluncurkan

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Dinas Pendidikan dan Kebudyaaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Nasrullah Darwis, M.Pd, mengaku bangga atas prestasi SMK-SLB Kabupaten Sumbawa di LKS tahun ini. Menurutnya ini salah satu bukti bahwa kualitas SMK-SLB di Kabupaten Sumbawa, tidak kalah dengan di kabupaten kota lain di NTB.

Mantan Kepala SMKN 3 Sumbawa itu berharap, prestasi ini dapat dipertahankan. Tidak hanya di tingkat provinsi, tapi juga di tingkat nasional.

”Sukses pelaksanaan, sukses prestasi. Dua bulan lagi berlomba di tingkat nasional. Persiapkan diri. Kepada yang belum juara, juara hanya sekedar bonus. Peluang masih terbuka lebar, tetap semangat,” ucapnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *