Inilah Capaian Mo-Novy Jelang Setahun Masa Jabatan 

SUMBAWA – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, menyampaikan sejumlah capaiannya selama memimpin Sumbawa didampingi wakilnya Dewi Noviany, SPd, MPd. Hal itu disampaikan bupati pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa Ke-63, di halaman kantor bupati, Sabtu (22/01/2022).

Sejak dilantik 26 April 2021 lalu, Drs. H. Mahmud Abdullah-Dewi Noviany (Mo-Novi) telah melakukan pembenahan dan percepatan kemajuan. Proses penyusunan perencanaan pembangunan lima tahun telah diselesaikan tepat waktu.

Kemudian desain penyederhanaan birokrasi, penataan dan penempatan aparatur berjalan lancar serta berbagai agenda kerja jangka pendek diakui telah terlaksana dengan baik. ”Alhamdulillah atas dukungan semua pihak, transisi pemerintahan telah berjalan lancar,” kata bupati.

Pemerintahan Mo-Novi juga berhasil mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah. Dari aspek akuntabilitas kinerja pemerintah juga berhasil mempertahankan predikat B berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan-RB terhadap sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan.

Dalam hal keterbukaan informasi publik, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih predikat sebagai badan publik informatif berdasarkan hasil evaluasi Komisi Informasi Provinsi NTB.

Sementara di bidang olahraga, Kabupaten Sumbawa berhasil menempatkan para atletnya sebagai juara pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Dari 9 atlet, 7 di antaranya berhasil menyumbangkan 5 medali emas, 1 medali perak dan 4 medali perunggu.

Kemudian ada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Ke-XVI di Papua, 2 dari 3 atlet penyandang disabilitas berhasil menyumbangkan 1 medali emas dan 2 medali perunggu.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Kunjungi Lokasi Pembangunan Lanjutan Jalan Samota

Kabupaten Sumbawa juga berhasil menekan laju Covid-19. Berdasarkan instruksi Mendagri nomor 4 tahun 2022 bahwa status pandemi Kabupaten Sumbawa sudah berada pada level-1 bersama 9 kabupaten kota lainnya di NTB.

”Atas dukungan semua pihak terutama kerja keras tim vaksinasi serta kolaborasi dengan TNI-POLRI capaian vaksin hingga 20 Januari 2022, dosis-1 telah mencapai 80,26 persen, dosis-2 sebanyak 57,39 persen dosis-3 mencapai 3.363 orang,” sebut bupati.

”Dan ada tanggal 14 Januari yang lalu telah dimulai pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun dan dilanjutkan hingga kecamatan dan desa. Upaya ini adalah ikhtiar bersama agar terbentuk herd imunity masyarakat Kabupaten Sumbawa,” imbuhnya.

Ke depan, pemerintah Kabupaten Sumbawa akan memperkuat sinergi dengan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota lainnya untuk mensukseskan agenda nasional di NTB. Yakni Motogp di KEK Mandalika Lombok Tengah.

Menurutnya, event tersebut telah mengharumkan nama bangsa Indonesia khususnya. Bahkan, Pulau Lombok sebagai destinasi super prioritas nasional akan semakin populer.

Selain Motogp, ada juga perhelatan MXGP di kawasan Samota Sumbawa. Saat ini pemerintah Kabupaten Sumbawa sedang mempersiapkan data, fasiltas sarana dan prasarana yang menjadi persyaratan utama perhelatan kejuaraan motor Cross kelas dunia itu.

“Tentu kami mengharapkan doa dan dukungan semua pihak semoga even internasional tersebut dapat terlaksanakan di Pulau Sumbawa ini. Semoga dengan perhelatan even Internasional di Pulau Lombok dan Pulau Pulau Sumbawa ini akan semakin mempercepat pemerataan pembangunan dan kemajuan masyarakat kita,” harapnya.

Baca Juga:  Percepatan Vaksinasi Terus Dikebut Pemda Sumbawa

Di akhir sambutan, bupati berharap kepada seluruh elemen masyarakat Sumbawa untuk terus mempertahankan semangat kebersamaan dan memelihara suasana kondusif. Bergerak simultan mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Sumbawa ‘Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban’.

Upacara Hari Ulan Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa ke-63 tahun berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah. Komandan upacara Danramil 1607-01 Sumbawa, Kapten Inf. Abidin.

Hadir, asisten perekonomian dan pembangunan Sekda Provinsi NTB mewakili Gubernur NTB. Ketua TP PKK Sumbawa, Wakil Bupati Sumbawa, mantan bupati dan wakil bupati Sumbawa, anggota DPRD provinsi NTB, para bupati/walikota Se-Provinsi NTB, para pimpinan DPRD kabupaten/kota Se-Provinsi NTB.

Para pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, sekretaris daerah beserta asisten dan staf ahli bupati, pimpinan instansi vertikal, BUMN dan BUMD, pimpinan partai politik, rektor perguruan tinggi, pimpinan organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda dan organisasi wanita, tokoh agama, tokoh masyarakat, kalangan cendekiawan dan perwakilan LSM. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *