Indeks Reformasi Birokrasi Kabupaten Sumbawa Masuk Kategori Baik 

SUMBAWA – Kabupaten Sumbawa berhasil masuk dalam jajaran kabupaten/kota di Indonesia dengan kategori B (Baik). Ini sekaligus meningkatkan posisi Indeks Reformasi Birokrasi (RB) Kabupaten Sumbawa tahun 2023 dalam assesment RB  dengan skor Indeks RB sebesar 62,36 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Atas penilaian ini, pencapaian Kabupaten Sumbawa menjadi Pemerintahan Daerah pada kategori Indeks Reformasi Birokrasi pada predikat B (Baik) sebagai pencapaian cukup fantastis, setelah tahun-tahun sebelumnya masih berada dalam kategori Cukup (CC).

Kepala Bagian Organisasi, Setda Kabupaten Sumbawa,  Arif Alamsyah, S.STP.,M.Si., mengucapkan rasa syukur atas keberhasilan yang telah diraih oleh Kabupaten Sumbawa tersebut.

“Alhamdulillah, Kabupaten Sumbawa tahun 2023 berhasil masuk dalam kategori Baik (B) untuk Indeks RB dan ini menjadi pencapaian sangat spesial karena baru kali ini Kabupaten Sumbawa naik peredikat dari sebelumnya Cukup (CC). Saya rasa ini pencapaian yang tidak sederhana karena tidak semua kabupaten/kota berhasil masuk pada kategori ini dan juga yang menjadi catatan penting adalah bahwa baru tahun 2023 Kabupaten Sumbawa berhasil masuk dalam kategori baik,” ucap Kabag.

Baca Juga:  Pengembangan Desa Wisata di Sumbawa Terkendala Sinergi Lintas Instansi   

Hasil evaluasi RB tersebut diumumkan dan diserahkan langsung oleh KemenPANRB RI melalui pertemuan daring dengan seluruh Kabupaten/Kota pada Selasa, 6 Februari 2024. setelah sebelumnya dilangsungkan evaluasi mendalam dan verifikasi terhadap input data dalam Sistem Informasi Lembar Kerja Evaluasi RB oleh Tim Nasional Evaluator RB KemenPANRB.

Dalam kesempatan yang sama, secara teknis disampaikan Analis Kebijakan Bagian Organisasi, Sekretariat Daerah, Hasbullah, SE., MM selaku sub koordinator kegiatan teknis RB dan Akuntabilitas Kinerja, bahwa proses evaluasi adalah mengukur 2 (dua) komponen yaitu RB General dan RB Tematik yang cukup komprehensif dan ketat. “Alhamdulillah atas koordinasi Bagian Organisasi dengan semua pihak kita dapat masuk dalam jajaran kabupaten/kota di Indonesia pada kriteria Baik ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Arif Alamsyah menyampaikan, capaian ini tentu merupakan prestasi yang membanggakan, karena itu selaku Kepala Kepala Bagian Organisasi, yang mengkoordinasikan implementasi RB menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada unsur teknis perangkat daerah dan semua pihak atas dedikasi dan kerjasama baik yang walaupun ditengah keterbatasan sumberdaya yang ada namun dapat memberikan pencapaian baik ini dan hal ini menjadi gambaran tata kelola pelaksanaan pemerintahan Kabupaten Sumbawa yang baik.

Baca Juga:  Tujuh Wilayah di Sumbawa Kini Berstatus Bebas Blank Spot 

“Hasil penilaian ini akan menjadi spirit yang sangat berharga dalam mendorong kinerja Reformasi Birokrasi dengan pencapaian skor indeks yang lebih tinggi dimasa akan datang sehingga Kabupaten Sumbawa lebih kompetitif diantara pemerintah daerah lainnya. Selanjutnya terkait hal ini, kami akan mengkonsultasikan kepada pimpinan dalam hal ini Bapak Bupati Sumbawa, untuk mendapatkan arahan lebih lanjut,” ucap Kabag Organisasi. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *